BEHIND THE SONG OF AFTER FRIDAY


Kali ini gue bakal bercerita kisah di balik lagu kedua dari band gue (ATTACK! From Owl) yang berjudul after Friday. Lagu ini gue tulis pada bulan maret 2014 lalu yang menceritakan sebuah persahabatan menjadi percintaan. Dan lagi lagi ini gue ambil dari kisah cinta orang lain bukan dari pengalaman gue sendiri hehe.
Mungkin dari tanggapan beberapa orang yang udh denger lagu ini bertanya Tanya, apasih maksud dari judul after Friday “setelah jum’at”? apakah maksudnya hari sabtu sama minggu? Haha disini gue bakal jelasin secara rinci dan lengap.

Dari penggalan lirik awal lagu tertulis :

Long distance from you
Far away from here
Everyday I miss you
Oh I miss you

Ada dua orang sahabat (cewe dan cowo) yang sahabatan udh lama bertahun tahun dari dia kecil sampe dia dewasa, hingga akhirnya mereka harus dipisahkan karena faktor sekolah yang sama sama jauh dan pindah rumah. Tentu siapapun bakal ngerasain rasa kangen kalo jarak diantara mereka berjauhan. Haha… yang biasanya sering ketemu, ngobrol, bercanda, curhat2an sekarang udh ga bisa seperti itu lagi.

You’re my new story
At the end of this year
Two thousand and thirteen

Si cowo mengungkapkan bahwa si cewe adalah cerita barunya di akhir tahun 2013, maksudnya si cewe ngasih satu pengalaman berharga buat si cowo. Yaitu suatu pelajaran tentang bagaimana ngerasain kehilangan/perpisahan dengan si cewe itu.

You’re the best part of my story in this life
You made all little thing
Be something

Dan si cowo juga mengungkapkan bahwa si cewe juga bagian terbaik dari cerita sepanjang hidupnya. Satu hal yang ga pernah di lakukan cewe2 biasanya bagi si cowo adalah, si cewe ini bisa bikin hal2 yang kecil jadi menarik dan bisa bikin si cowo itu bahagia. Dan dengan kesederhanaan si cewe masih mampu berbagi kebahagiaan.

My time will not be in vain in everyday
Cause you always fill my empty days
In my life , in my die

Keberadaan si cewe bener bener menghibur si cowo, bahkan saat mereka udh saling pisah pun mereka masih bisa berhubungan dekat, seperti sering telpon2an, ngobrol2 di social media. Pokoknya si cewe bener bener bisa ngisi waktu2 kosong si cowo itu

And I’ll aways be the man after Friday
Being the good guy who you need always
Who you need always

Maksud dari kalimat, “Aku selalu menjadi pria setelah jum’at” itu maksudnya gini,
Jarak mereka berjauhan, si pria mengungkapkan bisa dateng dan nemuin si cewe itu Cuma di jam2 libur dari kesibukannya yaitu sabtu dan minggu. Nah disini lah kenapa lagu ini gue kasih judul after Friday. Hari sabtu & minggu si cowo pasti selalu dateng nemuin si cewe, dan bakal ngasih waktu sepenuhnya buat si cewe, jadi seorang pria yang bener bener di butuhin buat si cewe itu.

No one cares to me
If I spend my holidays
I just can remind of you
Happy and sorrow

Tiba suatu waktu dimana waktu liburnya si cowo adalah untuk keluarga dan ga bisa nemuin si cewe itu. Tentu rasanya beda banget si cowo ngabisin liburannya, dia ngerasa lebih nyaman liburan sama si cewe dan tentu buat ngilangin rasa jenuhnya, si cowo masih bisa ngenang2 si cewe, ngebayangin wajahnya, senyumnya, dan inget moment2 suka mapun duka dia sama si cewe itu.

I’m saying sorry
If I ever did mistake
Did something make you angry

I ask you,
Will I stay be your friend forever?
I’m really waiting here for your love

Beberapa tahun kemudian akhirnya tiba suatu kabar sedih dimana si cowo harus pergi keluar negeri dan tinggal disana untuk ngelanjutin pendidikannya,
Dan beberapa hari sebelum si cowo itu berangkat, si cowo langsung nemuin si cewe.
Dan dia minta maaf sama si cewe kalo selama persahabatannya yg bertahun bertahun si cowo pernah berbuat salah. Di akhir pembicaraan si cowo bertanya ama cewe,
“sebelum aku pergi dan ninggalin kamu bertahun tahun, aku mau Tanya. Apa selamanya kita ngejalanin hubungan ini Cuma sebatas teman aja”?
“Jujur selama ini aku ngerasain apa yang mungkin aku gatau kamu ngerasain itu juga atau ngga, aku mungkin nolongin kamu untuk sebatas teman, aku mungkin nemenin kamu untuk sebatas teman. Tapi jujur aku sayang sama kamu lebih dari sebatas teman.”
Si cowo pun ngungkapin semua perasaan yang selama ini dia pendem, dan akhirnya mereka jadian dan ga pernah takut akan kalimat “long distance relationship”
Mereka mungkin jauh, mereka mungkin bisa saling bohong, tapi perasaan mereka yang bakal ngingetin tentang bagaimana cara mereka bertemu sebelum mereka berpisah.
Dan begini lah sob cerita sesungguhnya dari lagu after Friday, jadi ambil makna dari lagu ini, jarak ga bakal pernah mengganggu hubungan lo sama doi, kalo lo bisa saling percaya aja, itu cukup. Rasa bosan, jenuh, mungkin ada. Tapi lo harus tau tentang satu hal yang membedakan hubungan lo dengan yang lain. Hubungan yg dekat mungkin moment specialnya adalah bagaimana cara mereka saling membahagiakan, tapi bagi lo yang hubungannya jauh moment specialnya adalah bagaimana cara lo bertemu walaupun jiwa raga lo saling berjauhan. Segitu aja buat gue, makasih

Niko Zuhair,


Guitarist of ATTACK! From Owl

Komentar

  1. Halo Niko! :D

    Aku biasanya memberikan komentar terhadap tulisan fiksi. Kalau tulisannya berupa jurnal pribadi, aku bingung mau kasih komentar apa.. Hehe :D

    Oh ya, aku owner dari CariPenulis.com (@CariPenulis_Com on Twitter)

    Semangat menulis! :D

    BalasHapus
  2. jangan di postingan yang ini atu kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Visited